Satu kali dalam salah satu pertemuan di Toastmaster Jakarta, ceritanya ada sesi Pidato yang tidak dipersiapkan dimana sang pemandu acara bertanya tentang pertanyaan diatas. Nah, karena waktu itu yang kebagian pidato bukan saya, saya mau “pidato” disini aja dah.

Okay, sebagian kalian mungkin malah bertanya apa itu Toastmaster khan.. sementara baca disini dulu ya, perhaps di post lain saya akan cerita pengalaman di klub itu.

Sekarang Fokus ya… Oke kita mulai..

Kalau kita bicara sukses dalam karir (seperti naik gaji, promosi, menang tender, perusahaan berkembang).. sebenarnya seru saat merupakan gabungan dari keduanya !

Sukses karena kerja keras adalah bagus tapi tidak cukup, karena kerja keras adalah usaha yang membutuhkan fokus, upaya, dan kinerja yang melebihi rata-rata, sementara viktoriwan.com mendefinisi keberuntungan adalah hasil yang diharapkan tanpa usaha yang dikontrol oleh anda.

Menang lotre bingo adalah keberuntungan karena bagaimana mungkin angka-angka yang dirandom dan ditampilkan ternyata sama dengan angka-angka yang dipegang dalam tangan anda. Menang lari sprint 100m adalah kerja keras..betapa banyak latihan, menjaga asupan kalori, dan waktu yang dikorbankan untuk seorang pelari sprinter mendapatkan juara.

Tapi lebih seru saat kalian mengalami keduanya, ini beberapa contohnya

Saya mendapatkan Ratna! Nah, saya kerja keras (pake banget tuh), nunggu setia beberapa tahun mentok jadi sahabat dekat (padahal udah ‘nembak’ loh), melihat banyak pria lalu lalang ber-pdkt, dan pada akhirnya keputusan di tangan dia. And when she choose me… it feel so damn good!!

Menang tender.. it’s 90% effort, 10% luck! karena apa pun ide yang anda keluarkan, pada akhirnya ada X-Factor dimana bukan anda yang mengontrol hasilnya.

Sebenarnya ada beberapa contoh seru lain yang bisa saya tulis, but hope you get the point!

Tapi ini ada pemikiran bagus… mohon renungkan 2 hal ini… penting ini bos!

  1. Pernahkah anda kaitkan keberuntungan sebagai campur tangan Tuhan dalam hidup anda ? bahwa X-Factor itu adalah peluang yang diijinkan terjadi dalam hidup anda? bahwa dalam hidup anda, apapun yang anda alami, tidak ada yang kebetulan? Bahwa kesuksesan anda tidak 100% anda ciptakan sendiri ?
  2. Pernahkah anda pikirkan bahwa dengan kerja keras dalam hidup anda akan membuka peluang untuk banyak keberuntungan terjadi dalam hidup anda ?

Banyak hal yang kalau kita sadari kalau benar-benar kita renungkan itu gak mungkin terjadi. Sometimes i wonder… bagaimana mungkin seorang lulusan muda yang baru bikin perusahaan, no business background, bisa dapat Nissan Motor Indonesia (perusahaan Jepang loh yang ketat itu) sebagai klien awal… back then … saya bahkan ga tau cara bikin invoice! Dalam kembangkan doxadigital, salah satu milestone saya adalah saat seseorang, tiba-tiba, kenal dekat pun engga waktu itu… ngajakin saya untuk bisa berbagi di Google Academy (Thaks Fico dan Heri)… i mean wow… siapa saya waktu itu…no one, just a class participant.

Well, that’s bits of my story…. jadi kalau Sukses sempurna itu nilainya 100.. walau keberuntungan cuma punya nilai 10, tapi kalau itu adalah campur tangan Tuhan…. it does really matter !

Gimana menurut kalian ? Kerja keras atau keberuntungan yang lebih penting ? atau punya cerita WOW anda sendiri ? yuk di komentar tulisan saya ini dan kita berdiskusi

Jabat Erat !
V