Dan saya belajar UBUNTU dooonk !

Hidup memang penuh kejutan. Ga nyangka kalau “The NEXT Level” di 2019, saya dituntut lebih tau tentang dunai perserveran. Maklum selama ini background developer lebih milih pakai CPANEL dan dukungan teknis dari pihak hoster!

Nah akhir tahun 2018 kemarin, awal tahun ini… kok bisa-bisanya dapet klien yang handling kita sebuah server tanpa dukungan server… completely unmanaged !.. seru khan keringet dingin gitu waktu serah terima situs.

Okay! mungkin beberapa kalian bertanya
“Kok udah jadi BOS, masih megang gituan ?”
“Harusnya loe gaji donk orang yang ngerti ginian, pelit ?”
“Sukses itu tentang managing people, sudah saatnya belajar delegasi, masak jadi supermen terus ?”

Paling nggak itu adalah suara2x di kepala saya, kenapa nyusahin diri untuk belajar hal-hal beginian sementara banyak hal ‘besar’ yang bisa lebih dilakukan diefisienkan.

Well, it’s preference, nothing good and nothing bad!

Alasan akhirnya belajar ubuntu, sebenernya adalah moment kecil dimana dalam hidup penasaran banget sama skill set ini. Percaya ga percaya ? dalam kasta per-developeran, kalau masih pegang GUI itu, ibarat developer tingkat awal-menengah (Apa itu GUI, itu tampilan grafis). And yeah, saya sang ‘jack of all trades’ itu! Ga ada salahnya punya general skill set ini karena saya bisa mengerti banyak hal loh. So Tahun ini, sepertinya sebuah keseruan baru kalau saya mengerti Server ini karena banyak orang bilang juga ga terlalu susah-susah amat.

Kedua, saya percaya ini salah satu investasi, karena ini dunia sehari-hari saya. Ga kebayang berapa banyak website kita kena hack karena pengetahuan minim yang terkait dengan keamanan server. Saya belajar banyak bahkan sama tim sucuri dan tim komodo, tapi tetap saja, kalau server atau scriptnya lengah, mau pasang pengaman (firewall) gimana, tetap celah keamanan situs web dan server jadi issue saya sebagai orang yang dipercayakan banyak website dari para pelaku bisnis.

So Welcome UBUNTU!

Sepertinya kita akan banyak bersama tahun ini. Kalau kalian ada yang ngerti ubuntu, tulung ya tulis komentar, sapa tau saya bisa berguru.

Saya belajar dari mana ? tentunya UDEMY dunk

https://www.udemy.com/the-perfect-nginx-server-ubuntu-edition/

And thanks God ! My Big Bro works with ubuntu !!
Nah tambah komplit dunk niatnya… enak bisa tanya-tanya

So moral of the post…

Never stop learning ! saya punya prinsip

Mentok!  berarti ada sesuatu yang kita belum ketahui

Buat kasus ini, performa dan keamanan situs adalah salah satu pilihan karir saya… and i must do whatever it takes to make it great!

So gimana dengan kalian ? ada skillset dadakan tahun ini ?